Saturday 22 June 2013

APLIKASI EM4 pada Peternakan


Beberapa Cara Aplikasi EM-4 Peternakan antara lain :

1.Air Minum

Campuran EM dengan konsentrasi ½ – 1% dalam air minum ternak, diberikan setiap hari. Hindari penggunaan antibiotika melalui minum agar EM tidak mati. Bersihkan bak air minum dan tempat minum ternak setiap hari. Pathogen dalam saluran pencernaan dan ada pada tempat minum akan tertekan, ternak menjadi lebih sehat.
2.Pakan
Semprotkan EM pada pakan yang segera akan diberikan, EM akan meresap dalam pakan dan masuk kesaluran pencernaan makanan bersama makanan.
3.Sanitasi Kandang
Semprot kandang, kotoran termasuk hewan ternak piaraan. Untuk menanggulangi bau busuk, menekan berbagai pathogen yang ada pada bulu dan kulit ternak, bulu atau kulit ternak akan lebih cerah dan bersih
4.Jamu Ternak
EM dapat dipergunakan untuk membuat jamu ternak. Pada ternak ayam dan bebek jamu dapat diberikan setiap hari dengan konsesntrasi 1 %, bila telah menggunakan jamu ternak pemberian EM pada air minum tidak diperlukan lagi, peternak ayam dan bebek membuat jamu sendiri dengan ramuan tradisional yang terdiri dari jahe, kencur, kunir, laos, bawang putih dan daun sirih.
Bahan-bahan ini dirajang halus direndam/fermentasi dengan EM dan molase. Setelah seminggu jamu sudah siap dipakai. Bila diperhatikan dengan jamu ternak dari EM, kuning telur lebih tebal, bau amis berkurang sehingga sangat baik digunakan untuk telur asin. Orang – orang yang biasanya alergi telur, dengan telur EM tidak alergi lagi.
5.Silase
Sapi, kerbau kambing telah biasa diberikan silase larutan pada musim kemarau saat rumput juga sulit didapat. Em dapat digunakan sebagai probiotik pembuatan silase, rumput kering, jerami, pohon jagung kering dan lain-lain dapat diolah menjadi pakan ternak dengan dipotong kecil-kecil terlebih dahulu, potongan rumput kering ini ditaruh dalam bak drum atau tempat lain, ditaburi dedak halus dan disiram dengan EM sampai lembab dan dipadatkan. Pembuatan silase dilakukan secara berlapis lapis, dengan cara seperti diatas. Adonan ini kemudian ditutup rapat agar suasananya anaerob, setelah 5 hari adonan sudah berbau tape dan siap diberikan pada ternak. Karena proses fermentasi, kandungan gizi silase lebih tinggi dari asalnya dan dapat disimpan lebih lama untuk memenuhi kebutuhan pakan pada saat musim kemarau.
6.Pakan daur ulang
Pakan daur ulang dapat dilakukan pada peternakan ayam petelur, cara ini sangat membantu peternak pada saat harga telur menurun dan harga pakan naik. Pembuatanya cukup sederhana. Kotoran ayam dijemur kering, digiling dan dicampur dengan dedak, disiram dengan EM dan molase lalu difermentasikan dalam keadaan anaerob. Fermentasi hanya diperlukan 24 jam dan pakan daur ulang ini dicampur dengan konsentrat lagi pada saat pemberian. Biaya dapat ditekan sampai dengan 28 % dengan kesehatan dan produktifitas seperti semula.

9 comments:

  1. EFFECTIVE MICROORGANISME 4( EM4) merupakan suatu cairan yang berisi campuran beberapa mikroorganisme hidup yang menguntungkan.

    Pemakaian bakteri dalam ternak berfungsi:
    Mencegah bau tidak sedap dari kotoran unggas
    Menekan perkembangan lalat dan serangga
    Memperbaiki kesehatan ternak
    Mengurangi stress
    Menekan jumlah kematian ternak
    Kerabang telur menjadi kuat, tidak mudah pecah

    ReplyDelete
  2. dimana ada pelatihan em4 peternakan di area surabaya

    ReplyDelete
  3. Pak saya mw pesan 5 botol EM4 dikalbar bisa ga pak? Kalo bisa minta pin BBM ny pak biar mudah berkomunikasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. 50.rbu kemahalan bp buka aja tokopedia disitu ada em4 klo g salah harga 16-19.rbuan

      Delete
    2. 50.rbu kemahalan bp buka aja tokopedia disitu ada em4 klo g salah harga 16-19.rbuan

      Delete
  4. Pak syarif aku Jual Produk EM 4 kalau mau harga @50.000 perliter tp ongkir ditanggung pembeli

    ReplyDelete
  5. apakah perbedaan em-4 dengan viterna?

    ReplyDelete
  6. haha buatvsendiri aja
    insa allah khasiatnya sama sperti d pasaran

    ReplyDelete
  7. widjayanto@
    sampean ternak opo mas..bebek t pitek t sapi

    ReplyDelete